Model rancangan kegiatan harian

th

TEMA: DIRI SENDIRI

SUB TEMA: PANCA INDERA

METODE: BERCERITA DAN BERNYANYI

MEDIA: GAMBAR

KOSA KATA:

  • HIDUNG( NOSE)
  • MATA( EYES)
  • TELINGA(EAR)
  • KAKI(FOOT)
  • MULUT(MOUNT)

KEGIATAN AWAL

Dalam kegiatan awal ini,anak bersama guru  membaca doa sebelum memulai pelajaran dan selesai berdoa guru mengajak anak bernyanyi bersama-sama.setelah bernyanyi guru mulai bercerita tentang panca indera,seperti apa kegunaan dari masing-masing panca indera tersebut dan guru memperkenalkan kepada anak bagian-bagian panca indera  dengan menggunakan gambar-gambar panca indera atau sambil bercerita dengan menggunakan gesture tubuh agar dapat menghasilkan makna yang jelas bagi anak-anak.

KEGIATAN INTI

Disini anak diminta untuk menyebutkan kembali nama-nama bagian dari panca indera yang telah di ceritakan guru sambil menunjukkannya atau menggerakkannya,( misalnya mata,hidung).

Kegiatan ini juga bisa dilakukan atau di bantu dengan menggunakan sebuah lagu yang mengarah kepada tema yang sedang diajarkan kepada anak pada hari itu supaya anak lebih mudah untuk mengingatnya.seperti lagu di bawah ini:

DUA MATA SAYA

Dua mata saya hidung saya satu

Dua kaki saya pakai sepatu baru

Dua kuping saya yang kiri dan kanan

Satu mulut saya tidak berhenti makan

KEGIATAN AKHIR

Dalam kegiatan akhir ini, anak bersama guru bernyanyi bersama-sama dan selesai bernyanyi guru mendiskusikan tentang kegiatan satu hari,apakah anak-anak merasa senang dengan kegiatan hari itu atau tidak,dan guru juga menyimpulkan dari pelajaran hari itu.selanjutnya guru bersama anak-anak menutup kegiatan hari itu dengan membaca doa.

TEMA: LINGKUNGAN

SUB TEMA: KELUARGA

METODE: BERCERITA

MEDIA: GAMBAR

KOSA KATA:

  • Ayah (father)
  • Saudara perempuan (sister)
  • Saudara laki-laki (brother)

KEGIATAN AWAL

  • Mengucapkan salam
  • Anak berdoa
  • Bernyanyi bersama-sama
  • Guru bercerita tentang tema lingkungan dengan sub tema(keluarga) kepada anak dan memperkenalkan anggota keluarga dengan menggunakan gambar keluarga atau foto keluarga seperti:( foto ayah, ibu,kakak)agar dapat dimengerti oleh anak secara jelas

KEGIATAN INTI

  • Anak mendengarkan apa yang di ceritakan oleh guru tentang keluarga
  • Setelah itu anak diminta untuk menceritakan kembali
  • Selanjutnya guru bertanya kepada anak tentang anggota keluarga sesuai dengan tema hari itu
  • Anak menjawab sambil menunjukkan gambar anggota keluarga kepada guru

KEGIATAN AKHIR

  • Anak dan guru menyanyi lagu “Ayah Ibu”

Ayah ibu banyak memberi

Baju buku itu kudapati

Dengan apa aku berterima kasih

Dengan doa  kepada allahu rabbi

  • Diskusi tentang kegiatan satu hari
  • Doa pulang dan salam

TEMA: KEBUTUHANKU

SUB TEMA:  KESEHATAN

METODE: MENYANYI

MEDIA: GAMBAR

KOSA KATA:

  • Tooth brush: sikat gigi
  • Soap: sabun

KEGIATAN AWAL:

  • Salam dan berdoa bersama-sama
  • KEGIATAN INTI
  • Bernyanyi

Jagalah Kebersihan

Tiap hari kita mendengar jagalah kebersihan

Tiap hari kita melihat tak ada kebersihan

Bersihkan halaman bersihkanlah rumahmu

Tetapi yang paling perlu bersihkanlah jiwa mu

  • Menceritakan tentang perlunya kebersihan
  • Pemberian tugas:

Membuang sampah pada tempatnya

Menjaga kebersihan diri sendiri

Menjaga lingkungan di sekitar

KEGIATAN AKHIR

  • Menyanyi lagu”sayonara”

Sayonara sayonara sampai berjumpa pulang

Sayonara sayonara sampai berjumpa pulang

Buat apa susah, buat apa susah, susah itu tak ada gunanya

Buat apa susah, buat apa susah, susah itu tak ada gunanya

  • Diskusi tentang kegiatan satu hari
  • Doa pulang dan salam

TEMA: BINATANG

SUB TEMA: BINATANG TERNAK

METODE: BERCAKAP-CAKAP DAN PEMBERIAN TUGAS

MEDIA: GAMBAR

KOSA KATA

Cow: Sapi

Chicken: Ayam

KEGIATAN AWAL

  • Salam, berdoa
  • Menyanyi lagu tentang tema hari itu:

“Anak ayam”

Tekkotekkotekkotek anak ayam turun berkotek

Tekkotekkotekkotek anak ayam turun berkotek

Anak ayam  turunlah empat, mati satu tinggallah tiga

Anak ayam turunlah tiga, mati satu tinggallah dua

Tekkotekkotekkotek anak ayam turun berkotek

Tekkotekkotekkotek anak ayam turun berkotek

Anak ayam turunlah dua, mati satu tinggallah Satu

Anak ayam turunlah satu, mati satu tinggallah induknya

  • Bercakap-cakap tentang binatang ternak ” sapi”
  • Guru memperkenalkan gambar hewan kepada anak
  • Pemberian tugas:

Anak di minta membedakan suara – suara hewan

Mengelompokkan warna hewan

Menggambar gambar hewan,

KEGIATAN INTI

  • Anak diminta mandengar dan mempraktekan kambali suara-suara binatang ternak
  • Membuat gambar  binatang dan menempel dengan teknik mozaik
  • Anak diminta menghitung  jumlah hewan yang ada di gambar
  • Selanjutnya anak bercerita tentang hewan yang ada di gambar.

KEGIATAN AKHIR

  • Menyanyi lagu

”waktu sekolah usai”

Jikalau sekolah sudah hampir selesai

Segera lonceng berbunyi tandanya usai

Guru kami berseru ,berdiri dekat bangku

Kami simpan segala perkakas sekolah

Mana perlu tentu kami bawa kerumah

Riuh rendah bunyinya bukan main senangnya

Anak-anak keluar berlompat-lompatan

Bersenda gurau sambil berkejar-kejaran

Payahnya telah hilang karena hendak pulang

  • Diskusi tentang kegiatan satu hari
  • Doa pulang dan salam

TEMA:TANAMAN

SUB TEMA: TANAMAN HIAS

METODE:BERNYANYI

MEDIA:GAMBAR

KOSA KATA

FLOWER: Bunga

KEGIATAN AWAL

  • Salam dan berdoa
  • Menyanyi “selamat pagi bu guru”

Slamat pagi ibu guru

Kami sudah sedia

Menerima tugas ibu

Belajar dengan gembira

  • Merwarnai bunga dengan tiga variasi

KEGIATAN INTI

  • Menyanyikan lagu tentang tanaman

“bunga mawar”

Bunga mawar ku di taman tumbuh segar merah dan indah

Kusiram ku pupuk ku rawat setiap hari

Bunga mawar ku di taman penghias rumahku

  • Mendengarkan cerita tentang bunga
  • Membedakan jenis – jenis bunga
  • Membuat gambar  bunga mawar
  • Memhitung jumlah kelopak bunga mawar.

KEGIATAN AKHIR

  • Menyanyi lagu”bunga hiasan”

Bunga bunga di dalam taman

Beraneka warna untuk hiasan

Kupetik bunga untuk kenangan

Untuk ibu dan handai taulan

  • Diskusi tentang kegiatan satu hari
  • Doa pulang dan salam

TEMA: REKREASI

SUB TEMA: KENDARAAN

METODE: PEMBERIAN TUGAS

MEDIA: GAMBAR

KOSA KATA

Motorcycle: Sepeda motor

KEGIATAN AWAL

  • Salam dan berdoa
  • Anak membaca do’a sebelum belajar
  • Anak diminta meniti papan titian untuk melatih keseimbangan
  • Guru melihatkan gambar  tentang kendraan

KEGIATAN INTI

  • Guru memperkanal kan macam – macam kendraan pada anak
  • Anak disuruh membilang roda kendraan
  • Anak  di suruh bercerita tentang kendraan
  • Selanjutnya anak di suruh menggambar  kendraan.

KEGIATAN AKHIR

  • Menyanyi bersama tentang kendaraan

“kring ada sepeda”

Kring kring kring suara sepeda

Sepeda ku roda tiga

Ku dapat dari ayah

Karena rajin bekerja

Tuk tuk tuk bunyi sepatu

Sepatuku kulit bambu

Kudapat dari ibu

Karena rajin membantu

  • Diskusi tentang kegiatan satu hari
  • Doa pulang dan salam

TEMA: PEKERJAAN

SUB TEMA:  NAMA PEKERJAAN

METODE: BERCAKAP-CAKAP

MEDIA: GAMBAR

KOSA KATA

PERAWAT: NORSE

DOKTER: :  DOCTOR

GURU: TEACHER

KEGIATAN AWAL

  • Anakmembaca salam  sebelum masuk kelas.
  • Anak berdoa sebelum memulai pelajaran
  • Guru bercakap-cakap tentang pekerjaan bersama anak
  • Guru memperkenalkan jenis-jenis pekerjaanpada anak melalui gambar

KEGIATAN INTI

  • Anak mendengar dan menceritakan kembali
  • Anak menyebutkan kembali jenis-jenis pekerjaan

KEGIATAN AKHIR

  • Guru mengajak anak menyanyi lagu”perawat”

Berbaju putih bersih setiap hari

Menolong orang sakit tulus dan suci

Slalu siap dengan tugasnya siang dan malam

Perawat kerja mulia bagi sesama

  • Mendiskusikan kegiatan satu hari
  • Doa pulang dan salam

TEMA: AIR, UDARA, API

SUB TEMA: AIR

METODE: PEMBERIAN TUGAS DAN MENYANYI

MEDIA: GAMBAR

KOSA KATA

AIR: WATER

API: FIRE

KEGIATAN AWAL

  • Anak membaca salam
  • Anak berdoa sebelum belajar
  • Menyanyi lagu sesuai tema hari itu

“macam air”

Air itu ada bermacam-macam

Air laut sungai dan air hujan

Air sumur sampai ke air kolam

Bermanfaat di setiap kehidupan

Air susu bukanlah air tuba kawan

Budi luhur itulah yang utama

Mata air bukanlah air mataku

Kala sedih mari kita berlagu

  • Guru bercerita tentang macam-macam air

KEGIATAN INTI

  • Pemberian tugas: anak diminta mendengarkan dan menceritakan kembali
  • Memperknalkan macam-macam air pada anak melalui gambar
  • Anak di minta mengamati bentuk air.

KEGIATAN AKHIR

  • Menyanyi lagu”hujan” bersama-sama

Hujan hujan di mana – mana hujan hujan

Dijalan di halaman semuanya basah.

Hujan hujan tak henti – henti,hujan hujan lebat sekali,

Hujan hujan bukan kepalang , di sana dan di sini

air tergenang,hujan hujan belom berhenti,hujan hujan sepanjang hari.

  • Mendiskusikan kembali tentang kegiatan hari itu
  • Doa pulang dan salam

TEMA:ALAT KOMUNIKASI

SUB TEMA: TELEFON

METODE: PEMBERIAN TUGAS

MEDIA: GAMBAR

KOSA KATA

TELEFON: TELEPHONE

KEGIATAN AWAL

  • Salam dan berdoa sebelum belajar
  • Menyanyi lagu” teleponku”
  • Memperkenalkan alat komunikasi pada anak

KEGIATAN INTI

  • Pemberian tugas: mendengar dan menceritakan kembali tentang alat komunikasi
  • Pemberian tugas: membilang alat komunikasi  yang di lihat dan menggambar alat komunikasi.
  • Anak di minta untuk mempraktekan cara menggunakan alat komunikasi seperti telefon

KEGIATAN AKHIR

  • Diskusi tentang kegiatan hari itu
  • Doa pulang dan salam

TEMA: TANAH AIRKU

SUB TEMA: NEGARAKU

METODE: BERCAKAP-CAKAP

MEDIA: GAMBAR

KOSA KATA

BENDERA: FLAG

KEGIATAN AWAL

  • Membaca salam sebelum masuk kelas
  • Anak berdoa sebelum belajar
  • Menceritakan tentang Negara pada anak
  • Pemberian tugas: mendengarkan dan menceritakan kembali

KEGIATAN INTI

  • Memperkenalkan tentang Negara pada anak(warna bendera)
  • Menggambar bebas dengan berbagai media
  • Anak di suruh menggambar bendera Negara Indonesia

KEGIATAN AKHIR

  • Menyanyi lagu”tanah air ku”

Betapa indah tanah air ku,gunung nya,

tinggi warna laut biru,sawah dan lading luas membentang,

bunga dan kumbang bernyanyi berdendang.

  • Diskusi tentang kegiatan hari itu
  • Doa pulang dan salam

TEMA: ALAM SEMESTA

SUB TEMA: LANGIT

METODE: MENYANYI

MEDIA: GAMBAR

KOSA KATA

AWAN: WIND

LANGIT:  SKY

KEGIATAN AWAL

  • Membaca salam sebelum masuk kelas
  • Anak berdoa sebelum belajar
  • Bercerita tentang alam semesta
  • Anak mendengarkan dan menceritakan kembali

KEGIATAN INTI

  • Guru memparkenal alam semesta dengan menggunakan  gambar
  • Anak menggambar dan mewarnai tentang alam semesta

KEGIATAN AKHIR

  • Menyanyikan lagu tentang alam semesta.

“awan putih”

Kulihat awan seputih kapas

Arak berarak di langit luas

Andai ku dapat kesana terbang

Akan kuraih ku bawa pulang

  • Diskusi tentang kegiatan hari itu
  • Doa pulang dan salam
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s