tips yang digunakan dalam membentuk karakter anak

“Super Nanny s Orm Family”

Hadirnya anak dalam keluarga merupakan anugrah terbesar, karena anak merupakan pelengkap kebahagiaan dalam keluarga. Namun, anak tersebut perlu di didik dan di arahkan agar dapat tumbuh menjadi anak yang  baik. Banyak orang tua yang salah mengartikan karakter anaknya, ada juga orang tua yang terlalu menuruti keinginan anaknya, hal ini akan berdampak pada psikologi anak tersebut. Seperti yang terurai dalam film yang berjudul ” Supernanny S Orm Family”. Dalam film tersebut terdapat satu keluarga yang terdiri dari ayah yang bernama ” Shawn” dan Ibunya bernama” Tammy” mereka mempunyai 3 orang anak, anak yang pertama bernama ”Chandler ” berumur  8 tahun, anak yang kedua bernama” Caden” berumur 6 tahun, dan anak yang ke tiga bernama” Declan” berumur 3 tahun. Ketiga anak tersebut memiliki karakter yang berbeda.

Dalam film ini, ketiga anak dari pasangan Tammy dan Shawn memiliki sifat yang sangat agresif dan hiperaktif. Namun sifat agresif dan hiperaktif pada ketiga anak ini merupakan sifat yang tidak baik dilakukan bagi anak-anak seumuran mereka. Sifat itu ditunjukkan dalam kegiatan mereka seperti bermain dengan kekerasan, berkata kasar, tidak mendengarkan perintah ataupun larangan yng diberikan. Hal ini menujukkan bahwa peran orang tua sangat besar dalam pembentukan karakter anak. Oleh sebab itu dibutuhkan perhatian khusus dalam mendidik anak dalam masa pertumbuhan. Perhatian dalam mendidik anak juga tergantung karakter masing-masing anak. Misalnya kita tidak harus selalu memenuhi setiap keinginan anak dan juga harus menerapkan kebiasaan baik ataupun peraturan pada anak. Oleh karena itu perhatian orang tua secara khusus sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan anak dalam masa pertumbuhan.

Tammy dan Shawn sebagai orang tua dari anak-anak mereka dalam film “” Supernanny S Orm Family”, menunjukkan sikap yang kurang tegas dan kurang dsiplin dalam mendidik anak untuk pembentukan karakter seorang anak. Akibatnya anak-anak mereka mengalami masa perkembangan dengan karakter yang kurang baik. Untuk menjadikan anak –anak mereka menjadi karakter yang lebih baik, maka kedua orang tua 3 anak ini meminta jasa seorang nanny untuk membantu mereka dalam mendidik anak.

Beberapa tips yang digunakan nanny dalam membentuk karakter anak yaitu :

  1. Teknik Ruang  Nakal
    1. Datangi anak
    2. Menggunakan kontak mata/tatapan
    3. Menggunakan suara
    4. Kirim anak ke ruang hukuman beberpa menit sampai anak menyesali perbuatannya
    5. Menjelaskan perbuatan buruk yang dilakukan
    6. Menyuruh anak meminta maaf
  2. Teknik makan yang baik
    1. Menentukan porsi makanan
    2. Perlihatkan bagaimana cara makan yang baik pada anak
    3. Mengulang cara bagaimana makan yang baik
    4. Memperlihatkan kepada anak dengan contoh/memperagakan
    5. Memuji anak pada saat dia bisa melakukan denga baik
  3. Mengerjakan tugas
    1. Menyuruh anak mengerjakan tugasnya sendiri
    2. Mendampingi anak
    3. Menanyakan masalah dalam mengerjakan tugasnya
    4. Memberikan sedikit waktu kepada anak untuk berfikir
    5. Memberikan pengertian kepada anak.

 

Teknik- teknik diatas merupakan kegiatan sehari-hari yang dilakukan anak. Oleh karena itu sikap orang tua sangat berperan penting dalam hal ini. Apabila anak-anak tersebut belum bisa menerima atau melakukan peraturan-peraturan tersebut maka orang tua bisa membujuk anak dengan menjanjikan hal-hal yang disenangi anak apabila mereka berhasil menerapkan peraturan –peraturan tersebut. Orang tua juga berkewajiban memeberikan pujian kepada anak setiap anak mampu/berhasil dalam melakukan sesuatu yang baik, agar anak senang dan mau melakukan hal-hal baik.

Berhasil dalam mendidik anak merupakan kebahagiaan dalam hidup setiap orang tua. Menjadikan keluarga sebagai pelepas lelah dari kegiatan  dalam kehidupan merupakan impian setiap orang tua.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s